Undertail Honda CBR150R ORIGINAL: cara membuat dan memasang

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Proyek riset memperbaiki penampilan CBR dengan budget ala pelajar trus berlanjut. Sektor yang dijamah selanjutnya adalah bagian buritan…ya bagian buntutnya. Spakbor belakang cbr terkesan kuno dan ”begitu-begitu” aja bentuknya…cuman datar doang…kurang menarik.

Terinspirasi bentuk buntut motor balapbeneran yg ga pake spakbor membuat otakku berputar untuk ngakalin itu buntut CBR. Lternatif yg biasa ditempuh oleh brother penggunan cbr adalah mengganti dengan undertail aftermarket. Setahu saya harganya bervairasi dikisaran Rp 350rb ampe Rp.500rbuan.

Tapi menurut saya, undertail aftermarket ini klo ga yang bagus sealian (yang berarti juga harganya pasti yang mahal…hehe) kualitasnya bakalan kurang ciamik. Misalnya kurang presisi, klo yang ringan bahannya tipis, klo yag tebel keberatan, ada yg mudah pecah dan lain-lain. Eh..ada lagi klo yg ada lampu sen kecil bulet itu suka kumel klo dah dipakai beberapa waktu.

Akhirnya timbul ide untuk bikin undertail ORISINIL CBR. Caranya…ya udah tinggal pake spakbor belakang ori-nya tapi bagian buntutnya yg tempat nempel plat nomor belakang dipotong aja. Karena pake part orisinil CBR maka dijamin kualitas dan kepresisiannya nomor wahid.

Nah, langkah2-nya adalah sebagai berikut;

  1. belilah spakbor belakang secon (soalnya klo yang asli bawaan motor mo dipotong sayang….kecuali anda memang rela ya lsg potong aja). Sekilas sepertinya gampang, tapi nyatan ya tak semudah yang dikira. Nyari yg jual susah, Om. Saran saya bisa psang iklan WTB dikaskus, ato cari di sentra onderdil bekas kaya di kramatjati, jl raya bogor, dll. Harganya klo baru 400rbuan…jadi klo second ya skitar separonya.. Sebagai alternatif MUNGKIN anda bisa pake spakbornya  sodara ”kembar” cbr dari lain bapak lain ibu…yaitu Minerva…hahaha…saya bilang mungkin karena saya sendiri blum pernah coba pake spakbor minerva..tapi saya sempet amati ampe nungging-nungging minerva yag parkir dipenggir jalan ampe saya diliatin orang-orang…dan ternyata bentuknya sama persis ampe lubang oembuangan air akinya juga…hehehe..
  2. Klo dah dapet, cuci bersih ampe ke sudut2nya…biar rada kinclong lagi..hehe
  3. Trus potong deh bagian yg menjuluir kebawah. Please diingat agar bagian dudukan mata kucing (reflektor) jangan ikut dipotong. Kenapa? Nanti saya jelaskan di belakang. Potongnya jangan terlalu mepet…kasi sisa sekitar 3 mm di sisi2nya terutama disamping kanan kiri. Soalnya disamping kanan kiri ini ada lubang buat ngiker bodi sampingnya.
  4. trus pasang deh di motor. anda perlu baka bodi samping kiri-kanan dan aki serta jok depan – belakang
  5. Langsung tampak bedanya….motor jadi terlihat garang dari samping….hehehe…cuman klo dari belakang klo masih pake ban standar jadi kaya cungkring alias kurang tebel ban-nya..hihi

 

Masalahnya dalah dengan memakai trik ini otomatis mtoor tidak bisa pakai plat nomor belakang yang berati anda harus siap2 berurusan dengan polisi bila sedang apes….kecuali anda cukup pede naruh pelat disamping kiri atau kanan swing arm…kaya anak anak yng main skutik lowrider…hehehe…saya tidak merekomendasikan.

Nah tips saya atas dilema ini…cie ciee….sebenarnya sampeyan tidak perlu kuatir kalo CBR anda hanya dipakai saat berangkat dan pulang kantor (seperti saya, itupun kadang2 doanga)…karena belum pernah dalam sejarah saya liat ada polisi rasia saat jam2 macet tersebut….hehehe…ya iyalah  wong buat mengurai kemacetan aja mereka kewalahan, masak mo nilang2 motor…hehe..bisa ditimpukin biker lainnya kali..:). Tapi klo motor itu dipakai selain jam2 tersebut…saya tidak bertanggung jawab atas aplikasi tip ini di motor anda…cuci tangan saya!

APAKAH SAYA AKAN MEMBIARKAN ANDA DITANGKAP POLISI GARA-GARA MENGIKUTI TIP-TRIK YANG SAYA BUAT INI??………jawabannya TIDAK!

Sebagai tanggung jawab sosial saya telah pikirkan siang malam sampai sampai bagaikan makan tak kenyang-kenyak tidur tak bangun-bangun ! sampai akhirnya masalah tersebut mulai ada titik terang…hehehe…kaya century ama markus…hihi.

Caranya adalah, lepas mata kucing/reflektor dari dudukannya…nah inilah alasan saya kenapa motong spakbornya bagian ini jangan ikut dipotong. Klo dilepas maka akan tampak lubang buat dudukan reflektor tersebut di atas dan dibawah berupa garis horisontal. Lepasnya cukup diungkit pake jari dibagian belaknag…ga pake mur ataupun baut. Nah anda bisa memakai lubang tersebut buat masang plat nomor belaknag saat dibutuhkan….yaitu saat mo pake ni motor selain di jam pergi dan pulang kantor.. agar plat nomor bisa dipasang di situ kemungkinan besar perlu dibuat lubang agar pas dengan lubang bekas mata kucing tadi.

Jadi klo pergi di jam bahaya atu hari libur silahkan psang plat nomer…trus hari kerja copot plat nomernya dan psang lagi mata kucingnya biar sangar…hehe.

Silahkan liahat hasil aplikasi trik ini di gambar2 berikut….termasuk stikr custom lebay yang diprodukasi atas pesanan

Dijamin anda selamat dari tangakpan satgas tilang…hehehe.

Salam. 

 

Penampakan  luar

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Responses to “Undertail Honda CBR150R ORIGINAL: cara membuat dan memasang”

  1. danijet13 Says:

    mantap mas bro??

  2. Deddy Says:

    Om boleh aku mnta nmr om. Kalaw boleh krm aja d’fb ku nma fb ku Deddy syawie

  3. Deddy syawie Says:

    Om boleh aku mnta nmr hp om? Kalaw boleh krm aja d’fb ku nma fb ku Deddy syawie

Leave a Reply

