Ngencengin cbr adalah mudah…klo ada dananya hehe. Tinggal sambangi bengkel bonafid..pesen suruh ngencengin…motor beres….bayar…langsung ngebut…hehe.
Tapi klo ngencengin cbr dengan modal kurang dari 50rb….bengkel mana yang sanggup terima tantangannya? Palingan juga cuman dapet servis kecil.
Nah…berikut adalah tip trik ngencengin CBR dengan modal 47rb aja…dijamin lebih ngacir ampe 10% dari kondisi standar.
1. Copot bagian karet di moncong filter udara. Biaya Rp. 0.
Caranya bos semua harus lepas tangki cbr-nya, trus agar memudahkan mencopot moncong karetnya lebih baik bok filter dilepas dulu. Setelah itu baru deh diperkosa buat nglepas moncing karetnya…hehe..emang rada susah..tapi bisa dilakukaan. Caranya satu tangan menarik dan tangan yang lain mendorong dari arah sebaliknya. Dengan ngelepas moncong karet ini supply udara dapat ditingkatn sebesar …….% …hehe..sorry natar saya ukur dan hitung dulu..:) blum sempat euy…klo dah berhasil dicopot, silahkan pasang lagi box filter tersebut lengkap dengan filternya ke tempat semula.
2. Naikin pilot jet pake ukuran 42, dan seting ulang udaranya. Biaya Rp. 35.000.
Untuk mengimbangai jumlah debit udara yang meningkat kaerna moncong filter udara dah dilepas maka silahkan naikan ukuran pilot jet ke angka 42. sebagai informasi, CBR lama ukuran PJ standarnya adalah 38 klo yang baru (klo ga salah mulai 2007) ukuran Pjnya dah 40. harga PJ klo merek Extrme 30rb, klo merek Ori (kata yg jual..yg ada lambang huruf K logo Keihin) harganya 35rbu…ni patokan harga berdasarkan harga beli gw di AL Yamin. Saran pake merek K tersebut. Karena klo misalnya pake Kitaco (25rbuan) beberapa bilang ukurannya lebih kecil dari yg ori.
Klo dah beli, langsung aja pasang…asumsi saya bro semua sudah jago oprek motor jadi bisa bongkar pasang karbu sendiri….hehe…Tapi klo mo tau caarnya..okelah klo begitu….sekalaian tadi nyopot box filter udara..maka lepas juga karbunya dengan cara ngendorin klem yang di intake manifold..trus tinggal cabut karbunya ..trus balikin dan buka mangkuk karbunga dengan caa ngelepas keempat bautnya…trus copot PJ-nya trus pasang PJ yang baru…tutup lagi mangkuk karbunya dan pasang bautnya…kelar deh…ganmpang kan?!
3. Potong kabel koil sepanjang 3 cm. Biaya Rp. 0.
Dengan langkah nomor 1 dan 2 diatas berarti sudah menaikkan jumlah cambupran bahan bakar dan udara..sekarang langkah untuk menaikkan percikan api busi. Caranya dengan memotong kabel busi. Dengan memotong kabel busi sekitar 3 ampe 4 cm berarti mengurangi nilai resistansi kabel busi sekitar 25%…mantab kan?!
Caranya silahkan lepas dulu fairing kirikanan, trus lepas radiator, trus lepas cop busi dari kabelnya…caranya dengan diputar berlawanan arah jarum jam…ingat jangan asal dibetot aja..karena kabel tersebut nge-drat jadi klo dipaksa dibetot aja bakalan ngrusak kabelnya. Klo dah dilepas silahkan dipotong sekitar 3 ato 4 cm…ingat harus dipastikan kabel tersbut panjangnya masih bisa menjangkau ke busi klo ntar dipasang lagi.
Setelah itu pasang kabelnya ke cop busi lagi dengan jara ditusuk dan diputar searah jarum jam higga kenceng dan nge-drat. Trus pasang lagi. ..e ehh..jangan dipasang dulu ding. Lanjutkan ke nomor 4 dulu… J
4. Bikin ground strap di kabel busi. Biaya Rp. 7.000.
Ground strap adalah semacam lilitan dikabel busi yang berfungsi untuk menangkap frekuensi liar yang terbentuk disekeliling kabel karena voltasi dan arus yang tinggi yang disalurkan dari koil ke busi. Dengan adanya ground strap ini maka arus ke busi akan fokus dan dapat menciptkan percik api yang maksimal. Koil kompetisi yang dah menmakai teknologi ini natara lain Nology (siapakan dana ampir 2 juta klo mo beli) ada juga Protec (sipakan dana hampir 400 rbu klo mo tebus)….nah klo sampeyan kratif cukup bikin sendiri ground strap tersebut dengan modal 7 ribu perak…hehe.
Silahkan beli kabel tembaga ukuran diameter 0,5 mm satu meter aja..klo ga slah harganya ya 7 ribu….belinya di toko elektronik. Trus silahkan dililitkan ke kabel busi mulai dari yang paling deket cop busi ampe ke yang deket koil. Di ujungnya sisakan kabelnya agar bisa dihubungkan ke ground mesin dan ke baut pegangan koil (agar nge-ground). Lilitannya silahkan dibungkus dengan elotip tahana panas. Ni gambarnya dari forum sebelah…hehe…Setelah beres baru pasang kembali kabel busi ke copnya.
5. Atur ulang celah busi jadi 1mm (pastikan kondisi busi masih baik). Biaya Rp. 0.
Agar percikan api maksimal maka busi harus dipastikan sehat wal andong….hehe…asumsi saya busi bos sekalian masi OK jadi ga perlu beli, jadi biaya Rp. 0…tinggal atur ulang celahnya sebesar 1 mm. Silahkan gunakan alat yang presisi. Pinjem ke bengkel klo ga punya. Klo mo pinjem punya saya juga boleh…..silahkan datang…hihihi…
6. Pasang per di kabel kopling. Biaya 5.000.
Sekarang kita ulik perangkat pemghantar daya mesin yaitu sistem transmini..cie..cie…! per ko[limg CBR menurut saya sudah pas ..ga terlalu lembek dan ga terlalu keras….istilanya ”kenyel-kemyel maknyusss”…hehehe. Namun demikian ada sebagian daya per ini yang termakan untuk melawan gaya gesek kabel kopling saat kopling dilepas…ya ga gitu besar siy palinga cuman 3 ato 4% daya per aja…tapi klo kehilangan gaya pegas ini kita hilangkan maka tentunya reaksi juga akan bertambah 3 ato 4% juga…bukan begitu bukan?!
Nah caranya adalah dengan memasang per diujung kabel kopling di deket bak mesin. Pernya pake yang biasa dipake buat rem tromol belakang motor bebek. Heragnya 5rbu perak. Pilih yang diameternya ga terlalu gede,,,,dan cukup panjang. Dengan pasang per ini maka gaya gesek kabel kopling akan hilang sehingga daya per kopling akan bener2 dipakai buat menekan kampasnya. Klo bingung natar saya psang gambarnya deh…hehe…blum sempet di poto, Gan.
Seting tahap akhir.
Setelah semua langkah tersebut dilakukan silahkan nayalakan motor dan setel ulang setelan angin karbunya. Caranya. Dalam kondisi mesin nayla, putar setelan udara karbu searah jarum jam (menutup) ampe mentok….jaga jangan sampai mesin mati dengan menahan gas. Putar gas ampe RPM 3.000, trus putar setelan udara ke kiri berlwanan jarum jam (membuka) sampai mesin mulai menjerit ke putaran tertinggi…nah itulah setelan yang udah pas.
Nah, itulah tip murah buat optimalkan performa CBR 150R kita….dijamin tenaga lebih padet, larinya juga lebih enak…hehe
Selamat mencoba.
Salam
Tags: akselerasi, balap, bintoro, box, cbr, CBR150, filter, fu, harian, jet, karbu, kecepatan, kenceng, kohar, kopling, korek, main, mesin, ngebut, ninja, oprek, pembakaran, per, percikan, performa, pilot, rr, ulik, upgrade, wisnu
June 26, 2010 at 2:26 am |
makasih kang buat tipsnya..ntar mo coba ah…klo ga bisa jg dibw ke kang wisnu aje ma mtr2nya…hehehehe..
June 28, 2010 at 5:37 am |
Salam kenal Om Cuplis…silahkan aja klo mo main ketempat saya, ntar saya suguhin singkong goreng ama piston rebus……hehehe..
Klo dah bener dicoba, disharing disini lagi ya, Bro…
salam.
July 2, 2010 at 1:55 pm |
om wisnu,, ak msh bingung sm tips yg nmr 1… Klo ak liat karet itu kan yg ngubungin filter sm karbu kan? Itu magsudnya dilepas ato dipotong? Klo dilepas brarti nantinya tanpa filter kah?? Tolong pencerahannya om… Oia tips nmr 4 itu ujung kabel yg paling deket sm cop busi di hubungkan kmana ya??
Makasih om wisnu yg baik hati….hehehe…
July 5, 2010 at 10:31 am |
@mas Cuplis,
Bukan karet yg itu, bro. ..tapi moncong dari box filter udara…nempel di ujung box filter udara…kaya belalai tapi raad pendek, lubangnya dua…hehe..ntar malem ane potoin deh..insyaallah.
kawat yg deket cop busi ga usah disambungin kemana-mana ga papa, bro.
Trm kasih kembali, Mas.
salam.
July 6, 2010 at 6:57 am |
@bro Cuplis,
gambar moncong filternya dah saya upload yak…..minjem dari orang yang jualan di lapak sebelah…hehe..
salam.
July 7, 2010 at 1:33 pm |
oo..gitu…
Makasih byk om buat info2nya…
Moga2 makin dapat byk tips lg…
Salam…
July 18, 2010 at 7:17 am |
Om mau tanya..klo mau nyari MJ yang ori dimana yaa….ada persamaannya nga yaa ma karbu yang lain…
udah nyari2 msh blm ktemu juga..
July 19, 2010 at 10:31 am |
@Mas bayu,
Klo mau yg ori honda tinggal ke AHASS aja, Mas…bli MJ-nya Tiger…..sama ama punya PE…hehehe
Sampeyan posisi dimana? klo ga bisa beli di Al Yamin jalan skuadron Halim..
salam.
July 20, 2010 at 3:04 pm |
Saya udah coba tanya ke AHASS,tp mreka nga jual main jet punya CBR..
Dah liat MJnya punya Tiger tp nga sama..
klo mrnt bbrp org bengkel,ada yang blg sama dg punya minerva/Ninja 250
nanti coba cari2 lg deh..makasih informasinya om..
July 28, 2010 at 5:05 am |
mas, yang perlu di ganti itu PJ atau MJ nya?
ukuran brapa ya?
trima kasih
July 28, 2010 at 5:53 am |
@Om Rizky,
yg diganti PJ-nya dulu aja, mas…ukuran 42
salam.
August 17, 2010 at 8:07 pm |
mas, butuh, cop busi nih, (nggonku bocor mas) di jakarta yg jual dimana mas? sekalian PJ /MJ nya kalo perlu di paketin ekspedisi ke karawang kan deket (aku yo gelem) 🙂
August 18, 2010 at 9:58 am |
@Mas Azis,
halah, mas…karawang kan deket….mending main lah kejakarta..itung2 turing kecil lah.
Karawange negdi, mas…aku sering ke rengasdengklok…nyawah…hehe
nek ora yo bli online…..silahkan coba cop busi yang zero resistant…hehe.
salam.
August 19, 2010 at 4:28 am |
Mantap Oom Wisnu blognya…
Oom CBR saya udh ganti pake Shindengen E7 dan Coil Nology 0,6 Ohm..
tapi sering mbrebet malah tiba2 mesin mati…mohon solusinya oom..
Thanks Oom Wisnu…
August 19, 2010 at 4:47 am |
@Om Dahana,
Terima kasih dan salam kenal juga, Om.
Solusi yg saya tawarkan silahkan copot E7 dan Nology-nya dah tukarkan dengan CDi ama Koil Andrion saya…..wkwkwkw…..becanda ding.. 🙂
btw, karbu ama knalpot masih standar, mas? palingan yang harus dicoba adalah jeting ulang karbunya, Om…..soalnya saya yakin dengan E7 ma koil nology pengapiannya udah dahsyat tuh…..jadi pelru jeting ulang karbu biar ga kekeringan.
salam,
Bw
August 19, 2010 at 6:25 am |
thanks Oom Wisnu…knalpot pake dbs…karbu msh standar…
saya pasang e7 dan nology di bengkel khusus cbr racing di jakbar…
kmaren saya coba touring jkt-yogya…jkt-ciamis mantap oom…ninja250 yg lagi ngebut aja kesusul oom..he..he…uniknya suara knalpot mirip 2 tak kalau lagi rpm tinggi…
setelah pake E7 rpm bisa mulus sampai 13rb…
masalah baru timbul setelah ciamis …sering mbrebet..dan tiba2 mati…jadi sampe yogya bbrapa kali mesin tiba2 mati…
jadi harus jetting ulang ya oom?
thx Oom Wisnu atas solusinya…kapan2 kita ketemu ya oom…?
August 19, 2010 at 8:48 am |
Sama-sama Om Dahana….sekalian saat seting ulang jeting motor, sekalian cek kerenggangan busi…setel di 1 ampe 1,1 mm…ini klo smapeyan pake busi biasa….tapi klo pake yg iridium ya ga usah disetel celahnya.
salam.
August 20, 2010 at 9:39 am |
aku karawang teluk jambe ( karawang international industrial estate) pintu tol barat loh, nyawah juga to mas nang rengas dengklok, wkwkw 🙂
jakarta ne mana to mas? kemaren aku juga dapet velg lebar HMF dari bro NRCC club, deket lubang buaya…… nek selo tak main, coz aku libur e ga mesti minggu je 😦
cbr ku mah standart knalpot yoshimura thai, top speed 150kpj, tapi semenjak ganti velg lebar = ban gambot speed jadi rata2 140- 145kpj…….
August 23, 2010 at 2:34 am |
reviewnya gmana mas brt imax vs xp???
August 23, 2010 at 9:53 am |
@Om Azis,
Wah..lubang buaya siy deket omahku mas…kapan2 janjian lah.
ban besar berarti bobot juga nambah…blum lagi klo peleknya juga lebih berat dari pelek standar….bakalan bikin berat motor
@Om DImaz,
Hehehe…sabar mas….tapi sebagai kisi-kisi….sejauh ini perasaanku masih ngerasa galakan pake XP….dah konsultasi langsung ma Bos BRT buat nyari kurva yang tepat tapi blum sip bgt…mangkanya rencana hari sabtu besok saya pengen nyoba nyeting motor di WMC….biar mereka yg pilih mo pake BRT ato XP…hehe.
salam.
August 31, 2010 at 4:10 am |
om numpang tanya…!
om kalo spedometer d copot, fan radiatornya msh bisa nyala otomatis g? biasanya masalah fan g nyala ada dimananya dimananya?
satu lagi om gir belakang cs1 bisa langsung pasang di cbr g?makasih om sebelumnya..?
maaf y om banyak nanya
August 31, 2010 at 9:11 am |
@Om Pie,
hadoh…saya blum pernah nglepas spedo, Om…tapi dugaan saya..hehe…kaga matiin fan. fan ngadat biasanya termostatnya.
untuk gir…ntar ane bandingin dulu, gan.
salam
October 19, 2010 at 12:20 am |
Aww.. Om bintoro slm kenal yo 🙂
Mau nanya nih, CBR ku kondisi standart smua sering sy geber hingga kecepatan 145 kpj dgn rpm diatas 12ewu..
Yg mau tak tanyain, skrg klo digas smp diatas 12rb koq jadinya mbrebet (kyk khabisan bensin) dan kecepatannya pun mentok 130 kpj 😥
Mhn pencerahannya ya oom..
Matur suwon
October 25, 2010 at 10:00 am |
@Om Mifta,
berarti ada setelan yang bberubah Om…ato misalnya businya dah menurun performanya..saringan udara kotor, dsb…sebaiknya diservis dulu aja…
salam.
January 20, 2011 at 5:54 am |
bang ikut nimbrung donk…
Mau nanya nihh bang koil saya yg asli nya konslet, nahh kalo di ganti sama punya nya karisma ngaruh gak ke lari nya???
Tq bang…
January 20, 2011 at 6:29 am |
Dear Om Nizar,
emang klo diantara motor-motor “biasa” koil Kharisma paling OK output tegangannya…cuman belu pernah dikomparasi ama koil asli CBR.
jadi silahkan dicoba aja Om…
tapi klo dana tidak jadi masalah sarannya sih pake koil YZ…hehe…
salam
February 22, 2011 at 3:44 am |
Mas wisnu, motor saya cbr 150 th 2006. PJ/MJ 40/118, knalpot DBS, karbu dan yang lainnya masih standar. Settingan angin karburator yang pas biar gak mbrebet berapa puteran ya mas? Tks.
February 26, 2011 at 5:15 pm |
biasanya bakalan pas antara 1,5 ampe 2 putaran, mas.
salam
February 26, 2011 at 11:09 am |
mas klo kabel coilnya dganti pkek kabel serat optik apa lbih bgus atow sbaliknya…??
February 26, 2011 at 5:17 pm |
waks….setau ane serat optik buat menyalurkan cahaya, data, dan sebangsanya. klo kabel koil mah ya yang mampu menghantarkan listrik dengan baik.
salam
April 8, 2011 at 8:35 am |
kalo yang bikin ground strap itu bisa diaplikasi ke epyu juga ga om ?
makasiii 😀
soalnya ini mau ancang ancang motong kabel koil sama naikin PJ , biar sekalian 🙂
April 8, 2011 at 9:03 am |
Ground strap bisa diaplikasikan ke semua motor Om Bintang.
Klo ga mau repot bli aja 9power…buat dipasang di ujung kabel busi…hehe…efeknya sama.
Salam
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!
April 22, 2011 at 2:50 pm |
Om mau nanya, kalau cbr diganti knalpot dbs Perlukah jetting karbu?
Kalau ganti PJ dan MJ ukuran berapa?
Mohon bantuannya thx
April 22, 2011 at 4:39 pm |
sebaiknya naikin PJ ke 42, om Arnol….jangan lupa seting ulang anginnya juga.
salam kenal.
April 24, 2011 at 1:58 am |
Makasih om
May 27, 2011 at 3:29 am |
bro bintorowisnu mau tanya sedikit tentang groundstrap.
itu ujung kabel groundstrapnya disambung kemana aja ya? yang ujung dekat koil kan dibaut bersamaan dengan ground koil (lubang dudukan koil)
lalu yang ujung dekat chop busi dibaut kemana? ke baut mesin atau ke rangka?
thanks ya
July 7, 2011 at 9:03 am |
yang ujung deket chop busi di-ground-kan juga om.salam
August 17, 2011 at 12:43 pm |
Mas Wisnu, mau nanya nih. Kalo misalkan kawat nya kurang panjang, terus saya sambung dgn kawat lain dgn cara saya kepangkan kedua kawat, kira2x bisa ga ya? Maksud saya apa ground strap bisa “berhasil” atau “gagal” jika kawat diperpanjang dgn cara seperti itu?
Terima kasih.
March 7, 2012 at 5:53 am |
kurang recomended Om….mending beli lagi kawatya yg panjang sekalian…bru ntar dipotong klo kepanjangan. salam
March 3, 2012 at 8:30 am |
om mu nanya ni.. cbr150 punyaku kya yg slip kopling gk lari..kata org bengkel se daleman krbu’y udh prlu dganti. alternatifnya gmn y?mesti d ganti krbu baru pa gmn??soalnya nyari repairkit’y susah??krbu’y jga susah nyarinya….
March 7, 2012 at 5:50 am |
@heriansyah pehonk
Ganti aja pake PE 28, Om…cuman lebih boros. biasanya karbu standarnya yang bermasalh adalah karetnya yang dah mulai ga lentur. klo emang bener slip kopling ya harus digati kanvasnya tuh Om
August 23, 2012 at 3:56 pm |
om bint,,
ane mau nanya nih masalah aplikasi groundstrap,,apabila udah pake cdi brt dualband,,bisa nggak?alias nggak merusak cdi kan?
September 20, 2012 at 4:10 pm |
bisa Om…ga merusak.
saran yg praktis pakai aja 9power…hehe. salam horatm
September 9, 2012 at 7:43 pm |
salam kenal om bintorowisnu, kalau boleh tau misalnya udah naikin PJ jadi 42, MJ nya pakai berapa ya?
September 20, 2012 at 4:06 pm |
mj-nya bisa aja naikin juga satu step…tapi bisa juga ga usah naik…semintanya mottornya aja Om. salam hormat
September 13, 2012 at 3:14 am |
d ganti karbu king cocok g om?
September 20, 2012 at 4:05 pm |
wah…klo karbu king kurang cocok Om…soalnya karbu king kan venturi 26 sedangkan orinya cbr aja kan venturi 28…jadi kurang nendang om hasilnya. salam hormat
November 13, 2012 at 4:25 am
Mas wisnu numpang tanya cebeer saya kok sering brebet ya, pas waktu disetting enak trus pas diajak touring brebet, karbu pake PE PJ/MJ 42/118, CDI pakai LEX, knalpot DBS, minta nasehatnya mas
October 12, 2012 at 3:10 am |
om mau tanya.sya pake CDI Imax Dual Band, karbu Pe28 KW Super (PJ 38 MJ 115). Busi Iridium sm pake 9 Power dua.tapi tenaganya kok kliatannya sama aja ya? Ada yang salah kah? Mesin masih standar…mohon solusinya…..
April 18, 2013 at 1:56 pm |
Om,tips bikin ground dah ogut coba,tapi pas ogut cuci si chibi kok malah matot yah(mati total)bisa stater tapi gak “greng” sampe aki ogut abis gara” ke panjangan starter.
Tapi pas ogut copot lagi tuh kabel,trus ogut rapihin lagi sekali starter langsung “greng”
Kira” kenapa ya om?
Apa ada salah pemasangan?
January 27, 2013 at 3:36 pm |
wah beberapa bisa di adaptasi ke all new CBR ne
April 9, 2013 at 3:00 pm |
permisi, mau nanya nih mas, sy pake karbu pe28 pj 42 mj 118, cdi cp n busi iu24 kok warna busi masih putih yaa?,, takut kalo kekeringan, pernah angin2e tak bukak cuma 1 putaran tok ya masih gitu, gaada gejala brebet sih kira2 harus gimana ya om?
April 18, 2013 at 12:15 pm |
kalo diaplikasi kevespa gimana? sama 150cc
August 15, 2013 at 9:19 am |
bro klo service cebeer bisa ga>>>>???
September 13, 2013 at 3:00 am |
Mas, membahas soal ground strap. setau saya (berdasarkan forum di internet) lilitan kawatnya bukan dari ujung ke ujung, tapi cuma sekitar 70-80% dari panjang keseluruhan kabel busi. Gimana yang bener? Alamat dimana Mas? Siapa tau dekat jadi bisa ketemu dan tukar pikiran.
October 1, 2013 at 3:05 am |
SaLam kenal mas wisnu
Saya pnya cbr taon 2006,,
CDI dah pAkek BRT
Karbu Pakek PE 28
Spuyer pAkek pNya Tiger
Saringan hawa saya buka,,
Pembuangan panas Ÿĝ di dekat bUsi
Saya tUtup
Busi pAkek NGK pLatinuM
Kecepatan dApet 170 km/jam
KenaLpot beLah
Yg saya tnya
Ngaruh gak pembuangan panas tu ditutup mas,,
Satu Lagi mas bro
Klu qt ♍Əΰ pakek Lingkar
Tromol depan belakang yg cOcok pAkek Ap mas bRo,,
Thank’s